Saturday, March 14, 2009

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
P E N G U M U M A N
Nomor : 01/S.Peng/X-X.3/12/2008
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
TINGKAT SARJANA
TAHUN ANGGARAN 2008/2009
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, lembaga negara yang mempunyai tugas pokok memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, pria dan wanita, lulusan Sarjana untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan ditempatkan pada Kantor Pusat/Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
I. FORMASI
Sarjana (S1) dengan Fakultas/Jurusan/Program Studi :
EKONOMI HUKUM TEKNIK TEKNIK/MIPA ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PERTANIAN KEHUTANAN PSIKOLOGI SASTRA
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Persyaratan Akademis :
a. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A, IPK: S1 minimal 2,50 (dua koma lima nol);
b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori B, IPK: S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
c. Lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A, IPK: S1 minimal 3,00 (tiga koma nol).
2. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun per tanggal 1 Agustus 2008.
3. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah sampai dengan diterimanya petikan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal BPK-RI tentang Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
III. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut :
a. Mengisi Formulir Lamaran yang tersedia secara online pada website CPNS BPK-RI mulai tanggal 19 Desember 2007 sampai dengan tanggal 29 Desember 2007 pada website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id untuk memperoleh bukti registrasi pendaftaran yang print out-nya harus
dilampirkan bersama dengan berkas lamaran.
b. Mengirimkan Berkas Lamaran yang dilampiri print out bukti registrasi pendaftaran dan diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 8 Januari 2008 serta ditujukan kepada :
PANITIA PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
PO BOX 1401
JKP 10210
2. Berkas Lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf b di atas terdiri dari :
a. Surat Lamaran dengan ditulis tangan.
b. Daftar Riwayat Hidup sesuai formulir yang dapat didownload pada website BPK-RI.
c. Pas foto terakhir ukuran 4x6 (berwarna) sebanyak 3 lembar
(Bagian belakang foto ditulisi nama dan jurusan studi pelamar);
d. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
e. Fotokopi ijazah (S1) dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh ekan/Pembantu Dekan I/Direktur Program. Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak dapat diterima.
f. Fotokopi Akte Kelahiran;
3. Berkas Lamaran sebagaimana disebutkan pada angka 2 di atas, disusun rapi sesuai urutan di atas dimasukkan dalam map (warna bebas) dengan bagian depan map ditempeli print out bukti registrasi pendaftaran.
4. Berkas lamaran sebagaimana disebutkan dalam angka 3 kemudian dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan diberi KODE JURUSAN sesuai angka I Formasi pada kanan atas amplop.
5. Panitia hanya menerima lamaran yang dilampiri print out register pendaftaran dan disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas serta tidak menerima lamaran dengan format lain.
6. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran. 7. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
8. Berkas lamaran yang diterima Panitia tidak dapat diminta kembali.
IV. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
a. Administratif;
b. Pengetahuan Umum, meliputi :
1) Tes Potensi Akademik (TPA);
2) TOEFL ; dan
3) Tes Pengetahuan Bahasa Indonesia (TPBI);
c. Psikotes; serta
d. Wawancara.
2. Pelamar yang telah memenuhi ketentuan pendaftaran dan persyaratan administratif akan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi Penerimaan CPNS berikutnya.
3. Setiap Pelamar yang berhak mengikuti seleksi akan diumumkan per tahap melalui website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id
4. Surat panggilan untuk mengikuti ujian per tahap akan dikirim ke alamat peserta.
LAIN-LAIN
1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI sama sekali tidak dipungut
biaya.
2. Berkas Lamaran yang dikirim kepada Panitia Penerimaan CPNS BPK-RI Tahun
2007/2008 sebelum pengumuman ini diterbitkan dianggap tidak berlaku dan
tidak diproses untuk pelaksanaan seleksi.
3. Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi CPNS BPK RI wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK RI selama 4 Tahun.
4. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus pada tahap akhir seleksi dan akan diproses untuk pengusulan sebagai CPNS BPK-RI tetapi mengundurkan diri dan atau apabila selama dalam jangka w aktu 4 (empat) tahun ikatan wajib kerja yang telah diperjanjikan mengundurkan diri diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) untuk disetorkan
ke Kas Negara.
5. Apabila dalam jangka waktu ikatan wajib kerja tersebut, CPNS atau PNS tidak melakukan kewajibannya dan atau melarikan diri dari kewajibannya dan atau setelah diumumkannya hasil seleksi tahap akhir penerimaan CPNS BPK-RI diketahui adanya data atau ketentuan yang tidak benar, BPK-RI akan
membatalkan kelulusan/proses pengusulan menjadi CPNS, memberhentikan sebagai PNS serta melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.
6. Pada saat mengambil Kartu Peserta Ujian, peserta diharuskan menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Membayar Ganti Rugi bermeterai Rp6.000,00 sesuai contoh dalam website CPNS BPK RI.
7. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS BPK-RI 2007/2008 adalah website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id
8. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penyaringan CPNS No. Telp: (021)5704395 ext. 382/386 setiap hari kerja (jam 09.00 – 15.00 WIB) atau via e-mail ke panitiacpns@bpk.go.id.
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI SEKRETARIS JENDERAL
Selaku Ketua Panitia
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Pemeriksa Keuangan RI
Tahun 2008/2009
Drs. DHARMA BHAKTI, MA.
NIP. 060049770

No comments:

Post a Comment